Oleh: Lukman, Arek Jombang | 29 Agustus 2010

Dasar dari Pro & Kontra Pembangunan Pusat Islam dan Masjid di Ground Zero

Ground Zero…, sebuah monumen bekas dua menara kembar WTC di Manhattan New York yang hancur setelah ditabrak pesawat yang dikendalikan teroris pada 11 September 2001. Sementara sebuah pengembang di New York mengumumkan rencana pendirian gedung 13 lantai sebagai pusat komunitas Islam yang dilengkapi masjid, dimana letaknya tidak jauh dari Ground Zero. Gelombang protes bermunculan. Ratusan penentang turun ke jalan melakukan aksi demonstrasi pada hari minggu (22/08/2010) waktu setempat. Mereka terbagi dua kubu, penentang dan pendukung.

Sementara Presiden Amerika Serikat, Barack Obama ‘diluar dugaan’ malah mendukung pendirian masjid di dekat Ground Zero. Obama memahami ini sebuah masalah yang sensitif, dimana sebuah masjid hendak berdiri di sekitar monumen peristiwa 11 september.
Namun, Obama menegaskan umat muslim memiliki hak yang sama dalam menjalankan agamanya. Saat berbuka puasa dengan umat muslim di Gedung Putih beberapa waktu lalu, Obama bilang “Komitmen kita dalam menjaga kebebasan beragama tidak boleh tergoyahkan,” Namun lanjut dia, harus sesuai dengan hukum setempat.

Tidak hanya Obama, Walikota New York – Michael Bloomberg juga mendukung rencana pembangunan masjid ini. Meski Gubernur negara bagian – David Patterson memberi alternatif lain bagi pengembang, dengan menawarkan pembangunan masjid ini dipindah di lahan lain milik negara.

Pro dan kontra terhadap rencana pembangunan gedung 13 lantai sebagai pusat komunitas Islam yang dilengkapi masjid di Ground Zero masih berlangsung sampai saat ini.

Dan kebetulan juga, saat saya online di YM (Yahoo Messenger), Agung Suwandaru (teman sekolah saya dari SMP sampai SMA dan kebetulan juga tetangga desa yang sudah sejak tahun 2002 hingga saat ini berdomisili di Pleasantville – New York dan belum pernah pulang sama sekali) online di YM.

Meski bisa di hitung dengan jari dalam sebulan bisa YM-an dengan Agung, namun kali ini (waktu saya chating, hari Rabu, 25/08/2010) saya menanyakan banyak hal ke Agung perihal pro dan kontra pembangunan pusat Islam dan masjid di Ground Zero. Tentu dari ’kacamata’ opini & pandangan pendapat kami.

Berikut cuplikan chating-an saya (lukmanhakim_17) dengan Agung (Agung USA) :

lukmanhakim_17: Ni kan di Amrik lg rame Obama yg bakal mengijinkan bangun Masjid di Ground Zero, gimana pendapat kebanyakan warga asli Amrik..?

Agung USA: hmm… wah masuk ke wilayah sosial poitik nih.. ok, sebelumnya aku kasih dasar dulu

lukmanhakim_17: gak2 cuma pengen tau aja, atmosfir disana sehubungan dg ini gmana?

Agung USA: dalam politk dan masyarakat amrik mayoritas ada 2 kubu. demokrat dan republik. sisa lainnya lainnya masuk independent atau no partisan tapi jumlahnya kecil banget. nah, demokrat adalah partainya obama yang biasanya pro rakyat bawah, para imigran dan sebagainya. jadi hal2 yang diamrik, yang menyangkut rakyat banyak (masyarakat kebanyakan) dan baisaya lapisan menengah kebawah adalah dukungan partai demokrat. sisanya yang kebalikan adalah milik dukungan partai republik yang konservatif

lukmanhakim_17: sampai sini, sy faham. trus..??

Agung USA: nah, jika obama mengijinkan pembuatan masjid. itu kupikr semata2 karena latar belakang politik obama. beda kalau seumpama dia dari republik. apapun nanti retorika alasan obama maupun lawan politiknya yang pasti berlawanan.
nah, skrg porsi suara. dukungan seluruh masyarakat amrik, antara demokrat dan republik adalah hampir sama.
nah, inilah masalahnya kalau pemilu maupun mengegolkan UU harus memenangkan lewat swing voter state alias negara bagian yang belum ketahuan mihak mana.
Dalam maskarakat kebanyakan sehari2, orang amerika adalah tidak semua melek politik, dengan berbagai alasan.
nah, inlah celah media membuat opini, yang bisa mengearahkan penafsiran orang amrik.
jadi begitulah latar belakangnya. intinya media disini penting sekali dalam pembuatan opini. makanya kalau baca koran harus selektif

lukmanhakim_17: Media ada juga beberapa yg mengarahkan ke arah “Obama sebenarnya Muslim”. Seberepa berpengaruh hal itu bagi masyarakat Amrik sendiri?

Agung USA: pada dasarnya orang amrik adalah sekular. jadi mereka ndak mempermasalahkan apapun, yang jelas jangan ganggu mereka. itu adalah hak, disini hak sangat dijaga.
cuma politik — kepentingan — opini – tujuan
sama saja kasusnya dengan kasus health care kemarin.

lukmanhakim_17: hhmm.., yg nyebabin Obama batal datang ke Indo..

Agung USA: ya.. mereka saling sikut kanan kiri, akhrnya gol.

lukmanhakim_17: Ok, dg kata lain sebenarnya masyarakat Amrik tdk terlalu mempermasalahkan pembangunan masjid itu..??.

Agung USA: nah ini belum tahu

lukmanhakim_17: Tapi bagaimana dengan rakyat & keluarga korban WTC?

Agung USA: kan aku kasih tahu dasar nya doang.. nah itukan, tidak smua warga amrik tahu islam

lukmanhakim_17: Kalau saya baca dr apa kata Agung tadi yg bilang Itu adalah hak…

Agung USA: makanya disini ada islamophobia

lukmanhakim_17: kalau ttg hak presiden.

Agung USA: yang kumaksud adalah civil right. bukan president right

lukmanhakim_17: I see…. trus yg korban WTC..?

Agung USA: hmm.. ya biasanyalah ada yang setuju ada yang tidak. dan maklumlah para politisi selalu menunggangi demi kepentingan. dan itu juga kan nanti berpengaruh pada citra obama.

lukmanhakim_17: betul,

Agung USA: makanya jadi saja politikus jadi suka menunggangi. btw, tadi cuma diatas cuma dasar doang. perkara nanti bagaimana, nanti lukman bisa cerna sendiri

lukmanhakim_17: Ok… berarti tetap berpengaruh antara kepentingan politik & media.

Agung USA: exactly!

Jadi, anda tentu punya pendapat lain kan…?! 

(Foto samping kiri : Saat tragedi 11 September 2001). (Foto bawah : Ground Zero sekarang).


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: