Oleh: Lukman, Arek Jombang | 7 Oktober 2010

Seberapa Pentingkah Iklan Berjalan atau ‘Gethok Tular’ ?

Setuju donk dengan kalimat “Pelanggan adalah raja”?. Dan kalimat tersebut tidak salah. Karena merekalah, usaha pebisnis bisa terus hidup dan berjalan. Maka dari itu, ada baiknya para pebisnis mengetahui apa yang penting dan diinginkan oleh para pelanggan.

8 P = Product, Price, Place, Promotion, Process, People, Pace & Proof.

Cyltamia Irawan, penulis buku Secangkir Kopi untuk Sahabat Customer dan CEO lembaga konsultan Lentera ’menjelentrehkan” mengenai 8 hal yang diinginkan pelanggan. Ada 8 ”P”, diantaranya :

1. Product
Apa yang akan anda jual?. Produk atau jasa apa?. Apakah hal tersebut memiliki keunikan?. Apa bedanya dengan produk pesaing?. Jika produk anda sama saja dengan produk yang sudah ada dan tidak ada keistimewaan, orang sulit untuk mengenal anda atau mau pindah dari tempat sebelumnya.

2. Price
Berapa harga yang ditawarkan?. Ketahuilah, pelanggan pasti akan mencari harga yang lebih murah jika pelayanan, kualitas dan produk yang ditawarkan sama saja. “Perbedaan harga itu penting. Jika Anda menjual produk seharga Rp 10.000 dan pesaing menjual dengan harga Rp 9.999, pasti akan berpengaruh. Tetapi jangan lalu jadi membiarkan terjadi persaingan harga terus menerus,” kata perempuan yang sering dipanggil dengan nama Tami ini.

3. Place
Dimana dan channel apa yang digunakan?. Lokasi strategis dan kemudahan akses akan menjadi hal penting dan menyenangkan bagi pelanggan.

4. Promotion
Ketahui apa yang kira-kira akan membuat pelanggan bergairah untuk membeli barang anda?. Gimmick promosi akan menjadi hal yang menyenangkan bagi pelanggan. Pelanggan tentu akan menghitung value yang bisa ia dapatkan dari harga yang ia keluarkan.

5. Process
Seperti apa pelayanan anda? Misalnya, jika anda pemilik salon yang menyediakan pelayanan creambath yang urutan umumnya sudah jelas, tentu pelanggan yang datang ke tempat anda juga mengharapkan proses pelayanan yang jelas dan memuaskan. Pelanggan pasti kesal, jika ternyata urutannya berantakan dan malah bikin pusing.

6. People
Siapa yang akan mengurus saya sebagai pelanggan?. Bayangkan diri anda sebagai pelanggan di sebuah salon. Tidakkah anda akan mengharap bahwa orang yang mengurus anda adalah orang yang kompeten, ramah dan mengutamakan kenyamanan anda?. Sama seperti itu pula pelanggan lain mengharapkan pelayanan yang akan ia dapatkan.

7. Pace
Waktu adalah hal yang penting. Apalagi saat seperti sekarang ini. Pelanggan butuh pelayanan yang cepat. Siapa yang mau menunggu lama untuk dilayani?. Penuhi kebutuhan pelanggan dengan waktu yang singkat.

8. Proof
“Pelanggan adalah iklan berjalan!” ujar Tami. Tak percaya? Coba diingat, jika anda pernah mengalami sebuah pengalaman pelayanan atau produk yang menyenangkan dan baik, tidakkah anda akan merekomendasikan kepada orang lain?. Pelanggan butuh bukti. Saat mereka terpuaskan, niscaya ia akan bawa orang lain ke tempat itu.
Istilah Jawa-nya ”Gethok Tular” 

Sekarang tentu siap donk untuk menyambut & melayani Pelanggan anda..?!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: