Oleh: Lukman, Arek Jombang | 15 Maret 2011

Data Statistik Twitter, Di Ulang Tahunnya Yang Ke 5.

Guys, tahu tidak, kalau hari senin kemarin (21 Maret 2011) adalah hari spesial bagi seluruh pengguna Twitter?. Termasuk Twitterku. Kemarin adalah hari ulang tahun jejaring mikroblog Twitter yang ke-5. Hari Minggu 21 Maret 2006, salah satu pendiri Twitter – Jack Dorsey, pertama kali mengirim pesan tweet pertama, untuk kemudian bersama-sama dengan Evan Williams dan Biz Stone mengembangkan Twitter.

Tidak banyak yang tahu, kalau Twitter bermula saat Jack mengusulkan sebuah layanan yang juga bisa diakses melalui SMS untuk berkomunikasi dengan kelompok kecil, seperti layanan pesan teks TXTMob. Oleh karenanya, pesan tweet dibatasi hanya 140 karakter. Mereka menyukai ide bahwa melalui SMS, setiap orang bisa mengupdate status dan menerima pesan status dari teman-teman mereka, di manapun mereka berada.

Dorsey dan rekan-rekannya awalnya belum memberikan proyek itu sebuah nama, hanya menamakan pekerjaan itu sebagai ‘Status’. Namun, saat memikirkan sebuah nama, mereka mencoba berbagai nama, hingga sempat ingin menamakannya sebagai ‘Twitch’ (bergetar). Namun, karena merasa Twitch tidak bisa menggambarkan arti keseluruhan dari layanan itu, akhirnya mereka kembali mencari kata yang tepat di kamus, dan menemukan kata ‘Twitter’.

“Kata ini (Twitter) sangat pas. Definisinya: ‘informasi pendek yang serampangan’ dan ‘kicauan burung’ sangat cocok mewakili produk yang kami tawarkan,” kata Dorsey.

Saat empat tahun berselang, kata Twitter sudah tertera di kamus Collins English Dictionary sebagai: “sebuah situs web di mana setiap orang bisa memposting pesan pendek tentang aktivitas terbaru mereka”.

Twitter Merayakan Ulang Tahunnya Ke 5

Di ulang tahun kelima dari tweet pertama, Twitter merilis set statistik yang menunjukkan bagaimana besar jasa mereka. Pada blog, Twitter menunjukkan beberapa statistik penting, diantaranya :

• Butuh waktu tiga tahun, dua bulan dan satu hari untuk sampai ke sepermiliar tweet. Sekarang ada satu milyar tweets perminggu.

• Setahun lalu, orang mengirimkan 50 juta tweets perhari. Dalam sehari di tanggal 11 Maret 2011, ada 177 juta tweets.

• Ada 456 tweets perdetik setelah Michael Jackson meninggal pada tahun 2009. Pencapaian rekor itu terkalahkan, pada malam pergantian tahun baru 2011 dengan 6.939 tweets setelah tengah malam di Jepang dan pada pagi hari di hari libur tahun baru di sana.

• Ada 572.000 akun baru dibuat pada tanggal 12 Maret 2011; Dan ada 460.000 akun baru dibuat setiap hari, rata-rata dalam satu bulan terakhir.

• Pengguna twitter melalui handphone meningkat 182% dalam satu tahun terakhir.

• Twitter memiliki 400 karyawan hari ini, dibandingkan 8 pada Januari 2008.

Yang pasti…, Selamat Ulang Tahun buat Twitter, yang terus berinovasi untuk ikut meramaikan dunia mikro blogging dan jejaring sosial di dunia.


Responses

  1. Hohohooh semakin mantap aja dah ini twitter..

  2. @adi : pastinya, namanya jg micro-blogging & social network🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: