Oleh: Lukman, Arek Jombang | 24 Maret 2011

TV vs Internet, Mana Yang Menang?

Beberapa tahun yang lalu, beberapa eksekutif media takut, orang akan meninggalkan televisi untuk beralih ke internet. Dan itu tidak terjadi. Penelitian menunjukkan bahwa menonton televisi tidak menurun, bahkan meningkat.

Couch potatoes mempelajari untuk multi-tasking, menonton TV sambil mengetik di laptop atau smartphone. Tapi berapa banyak multi-tasking mereka, dan website apa yang mereka kunjungi?.

Online Sambil Menyaksikan TV

Temuan baru dari Nielsen, sebuah perusahaan yang melacak segala macam lama konsumsi-dan baru-media, memberikan beberapa jawaban.

Yang paling mencolok adalah multi-tasking masih cukup langka. Selama Academy Awards tahun ini, hanya 11,6% dari pemirsa menggunakan web (Nielsen mengukur penggunaan simultan TV-komputer tetapi belum menggunakan TV-mobile).

Mereka yang pergi online selama program, dihubungkan ke internet selama lebih dari 30 menit, atau sekitar 15% dari durasi acara itu. Pola serupa selama Superbowl. Bahkan selama Grammy, sebuah upacara penghargaan pop yang menarik pemirsa muda, orang yang pergi online hanya sekitar 20% dari panjang program.

Televisi adalah media yang sangat dominan menyerap waktu yang jauh lebih panjang dari internet. Pada bulan Desember 2009, Nielsen memperkirakan bahwa 34% dari pengguna internet akan menyalakan televisi sambil mereka surfing internet. Tapi ketika menyaksikan sebuah program di televisi, yang menggunakan internet hanya sekitar 3%. Dominasi ini menjelaskan, mengapa televisi sejauh ini menolak ’efek mengganggu teknologi’.

Dan apa yang orang lakukan secara online ketika mereka sedang menonton televisi? Kebanyakan dari semua, mereka masuk di Facebook. Menurut Nielsen, Facebook adalah situs web yang paling populer selama Superbowl, Grammy dan Academy Awards (biasanya Google adalah yang paling populer).

AOL.com juga mendapat perhatian lebih dari biasanya. Tapi pemenangnya adalah Zynga, pembuat permainan gratis. permainan yang paling terkenal, Farmville, peringkat ke-51 dalam lalu lintas web secara keseluruhan selama bulan Februari 2011.

Ini adalah berita baik dan buruk bagi perusahaan-perusahaan media ‘lama’. Kabar baiknya, karena televisi masih terus ditonton oleh pemirsanya. Berita buruknya karena sudah jelas bahwa upaya untuk mengarahkan perilaku online ke pemirsa televisi dengan mengatakan “kunjungi website kami!”, misalnya belum membuahkan hasil yang substansial.

Guys.., ada istilah Multimedia, Multitasking, Multichannel, Multiplatform. Apalagi berikutnya?.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: