Oleh: Lukman, Arek Jombang | 27 September 2011

Kenali Tipe Diri Anda & Orang Lain, Lalu “Adaptability”!

Masih ingat komponen terakhir dari tujuh komponen Kharismastik yang saya tulis sebelum ini, dalam judul “Ingin Kharismatik? Lihat 7 Komponennya!” dari Dr. Tony Alessandra?

Sekarang bayangkan ada suimbu X dan Y yang menghasilkan empat kuadran. Sumbu Y atas adalah simbol dari “Open” dan yang di bawah “Guarded”. Orang yang termasuk “Guarded” biasanya tidak mau men-share kan dirinya, jadi praktis tertutup. Sedang “Open” melambangkan orang sebaliknya, orang yang dengan mudah mau mengemukakan perasaannya. Mudah berkawan dan suka memberi jawaban apa pun yang anda tanya.

Sedang X kanan adalah “Direct” dan yang kiri “Indirect”. Kelihatan dari perilaku orang yang cepat adalah “Direct” tapi yang lambat adalah “Indirect”. Kedua tipe orang itu berbeda dalam mengambil keputusan dalam alasan maupun waktu.

Nah, kalau kedua sumbu itu digabung, maka akan ada empat tipe orang. Kanan bawah adalah “Director”, kanan atas “Socilizer”, kiri atas “Relator” dan kiri bawah “Thinker”.

Keempat tipe ini memang beda, dan kita lihat sekarang bedanya:

DIRECTOR

Orang bertipe seperti ini, meminta hasil dengan tidak sabar karena itu mereka biasanya “worst listener”. Sering tidak punya waktu atau mungkin sudah punya jawaban.

THINKER

Kalau tipe ini, orangnya memerlukan presisi dan akurasi, serta selalu mengikuti aturan. Paling intelektual seperti Einstein dan Da Vinci. Tapi, kelemahannya sering telat dalam mengambil keputusan.

RELATOR

Yang seperti ini, tipe orang yang tidak mau menyakiti orang lain. Jadi merupakan “the best team worker”. Orang Relator biasanya sangat empatetik dan loyal. Tapi, justru itu bisa jadi kelemahan, kalau memang diperlukan pendapat lain untuk memperkaya suatu argumentasi. Mereka tidak suka berkompetisi, karena pasti ada yang “kalah”.

SOCIALIZER

Tipe yang terakhir ini, orangnya suka bergaul tapi juga suka bercerita tentang dirinya. Tapi, mereka tidak bagus dalam detail dan tidak suka analitis. Mereka bisa suka sesuatu dengan cepat, tapi bisa “ill-feel” dengan cepat. Mereka adalah salesman yang hebat tapi susah diminta berdisiplin. Itulah yang disebut ”Behavioural Style Grid”.

Nah, sekarang, silakan anda mengenali diri anda sendiri dan orang yang anda temui. Dengan mengetahui diri anda, anda akan bisa mengurangi elemen negatif yang ada. Sedang mengetahui orang lain diperlukan, untuk menyesuaikan diri dengan dia.

Dan itulah yang disebut “Adaptability”. You got it, guys?!


Responses

  1. Tipe saya nggak ada, Cak.. Harusnya ada tipe Rebeller <– Istilah baru.. Wqwqwqw


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: