Oleh: Lukman, Arek Jombang | 13 Maret 2013

Data Belanja Iklan Media di 2012

Data dari lembaga riset Nielsen :

  • Belanja iklan media di Indonesia tahun 2012 mencapai Rp 87 triliun atau tumbuh 20% dari tahun sebelumnya.
  • Televisi meraup 64% dari total belanja iklan, diikuti surat kabar 33%, majalah dan tabloid 3%.
  • Telekomunikasi yang mengalami penurunan belanja iklan 15% masih menjadi pengiklan terbesar di semua media dengan menghabiskan Rp 4,9 triliun, kategori pemerintahan/partai politik Rp 4,3 triliun, perawatan rambut Rp 4,1 triliun, makanan ringan Rp 2,1 triliun, kategori rumah sakit/klinik/pengobatan tradisional dan minuman kesehatan, masing2 Rp 2 triliun.
  • Meski belanja iklan produk-produk snack terbesar ada di program sinetron, namun pertumbuhan tertinggi berada di program olahraga yang meningkat 139% dan di program talkshow hiburan yang meningkat 132%. “Ini menunjukkan selain sinetron, kedua program itu juga potensial menjaring konsumen,” kata Managing Director Media Nielsen Indonesia,  Irawati Pratignyo, di Jakarta Rabu 6 Maret 2013.

Radio mana? Data radio mana? Kok gak kelihatan. Apa yang terjadi? 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: