Oleh: Lukman, Arek Jombang | 23 Juli 2013

Mengalirlah & Hiduplah

Sesuatu dikatakan hidup jika ada sesuatu yang mengalir di dalamnya. Manusia bisa hidup jika darah masih bisa mengalir dalam pembuluh darah kita. Jika aliran darah terhambat, maka kita akan menjadi sakit. Jika aliran darah berhenti, maka kita akan mati.

Lampu akan menyala jika ada aliran listrik. Arus listrik akan timbul jika ada gerakan elektron dari kutub positif ke negatif.

Angin adalah udara yang bergerak atau atau mengalir dari tempat yang bertekanan udara tinggi ke yang lebih rendah. Itulah sunnatulloh dari kehidupan, mengajarkan adanya aliran.

image

Setiap upaya untuk menghambat aliran itu akan membuat sesuatu itu mati. Air yang tidak mengalir lama-lama akan menjadi keruh. Lampu tidak akan menyala jika aliran listriknya kita hambat.

Demikian juga dengan harta kita. Alloh tidak akan menghendaki kita menimbun harta kita untuk kepentingan diri sendiri. Alloh menghendaki agar kita mengalirkan harta yang kita peroleh kepada orang lain, dalam bentuk zakat, shodaqoh, infaq, atau bahkan investasi.

Jangan pernah takut miskin, jangan pernah takut harta kita berkurang. Alirkan harta kita, maka kita akan menjadi manusia yang benar-benar hidup. Mengalirlah, dan hiduplah!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: